ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG - Hallo sahabat Alon Alon Asal Kelakon, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengalaman, Artikel Peta, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG
link : ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG

Baca juga


ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG

ABSTRAK
            Kawasan budidaya perikanan tambak di Kecamatan Bulakamba termasuk dalam kawasan budidaya perikanan tambak terbesar kedua di Kabupaten Brebes. Desa Kluwut, Desa Grinting, Desa Pulogading, Desa Pakijangan dan Desa Bangsri adalah desa dengan lahan budidaya perikanan tambak di Kecamatan Bulakamba. Luas total lahan budidaya perikanan tambak di Kecamatan Bulakamba mencapai 2.215 hektare dengan produksi tahunan mencapai 8.509.565 kg. Dasar dilakukanya analisis kesesuaian lahan budidaya perikanan tambak adalah akibat hasil produksi perikanan tambak selama 5 tahun (2008 – 2012) sangat fluktuatif atau tidak menunjukkan kestabilan hasil produksi yang mengindikasikan adanya ketidaksesuaian daya dukung lahan budidaya perikanan tambak tersebut secara fisik. Metode yang diapakai adalah metode deskripsi kualitatif, analisis Buffering dan metode analisis superimpose/overlay menggunakan SIG. Metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan penggunaan lahan eksisting dan metode superimpose/overlay untuk mengetahui kesesuaian lahan budidaya perikanan tambak berdasarkan parameter kelerengan, jenis tanah, tekstur tanah, curah hujan, jangkauan sungai dan jangkauan pantai. Hasil analisis menunjukkan kesesuaian lahan budidaya perikanan tambak menunjukkan tingkat kesesuaian sangat sesuai (S1) dan terdapat beberapa lokasi yang bisa dioptimalkan menjadi lahan budidaya perikanan tambak namun dengan mempertimbangkan lebih optimal mana jika lahan tersebut tetap seperti fungsi aslinya atau harus dijadikan lahan budidaya perikanan tambak baru.

Kata Kunci:  Budidaya Perairan; Kesesuaian Lahan; SIG; Tambak.

klik disini untuk download file jurnal, dan klik disini untuk download file laporan lengkapnya.
terima kasih, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG

Sekianlah artikel ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG dengan alamat link https://warungtumplek.blogspot.com/2014/10/analisis-kesesuaian-lahan-budidaya.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "ANALISIS KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK DI KECAMATAN BULAKAMBA MENGGUNAKAN SIG"

Post a Comment