Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper

Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper - Hallo sahabat Alon Alon Asal Kelakon, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper
link : Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper

Baca juga


Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper

Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper merupakan lanjutan dari Penggabungan Band dan Rektifikasi Citra (Koreksi Geometrik) Menggunakan ER Mapper dan akan dilanjutkan dengan Cropping Citra menggunakan ER Mapper.

ok langsung saja, klasifikasi citra menurut Lilesand dan Kiefer (1990) dibagi menjadi Klasifikasi terbimbing (supervised classification) dan klasifikasi tak terbimbing (unsupervised classification). 


1.   Klasifikasi terbimbing (supervised classification)
      Klasifikasi terbimbing merupakan metode yang dipandu dan dikendalikan sebagian besar atau sepenuhnya oleh pengguna dalam proses pengklasifikasiannya. Intervensi pengguna dimulai sejak 
penentuan training area hingga tahap pengklasterannya. Klasifikasi terbimbing dalam hal ini mensyaratkan kemampuan pengguna dalam penguasaan informasi lahan terhadap areal kajian.

2.   Klasifikasi tak terbimbing (unsupervised classification)
      Klasifikasi tidak terbimbing merupakan metode yang memberikan mandat sepenuhnya kepada sistem/komputer untuk mengelompokkan data raster berdasarkan nilai digitalnya masing-masing, intervensi pengguna dalam hal ini diminimalisasi. Jenis metode ini digunakan bila kualitas citra sangat tinggi dengan distorsi atmosferik dan tutupan awan yang rendah


jadi sebenarnya fitur di ER Mapper sangatlah canggih, bisa mengidentifikasi permukaan citra itu berupa apa, namun untuk mendapat hasil sesuai data lapangan biasanya akan dilakukan klasifikasi terbimbing apabila kualitas citra tersebut kurang bagus, misalkan resolusinya kecil, banyak tutupan awan, dsb. nah kalo klasifikasi tak terbimbing itu apabila data citra memang memiliki kualitas bagus, resolusinya bagus, tutupan awan nyaris tidak ada.

lalu bagaimana langkah pengolahanya?

silahkan download file pdf Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing Menggunakan Google Earth (silahkan jika perlu untuk dicopy)

terima kasih, semoga bermanfaat, kritik dan saran silahkan hubungi kami

sociabuzz


Demikianlah Artikel Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper

Sekianlah artikel Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper dengan alamat link http://warungtumplek.blogspot.com/2014/09/klasifikasi-citra-terbimbing-dan-tak.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Klasifikasi Citra Terbimbing dan Tak Terbimbing ER Mapper"

  1. langsung di klik saja itu tulisan "silahkan download........"
    terima kasih kunjunganya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete